> DIBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) UNTUK TAHUN PELAJARAN 2025-2026 , INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI WHATSAPP SEKOLAH 08112921157 >>> NEXT EVENT MARSUDIRINI FESTIVAL 2024 26-27 OKTOBER 2024 >>> SEPTEMBER MEMASUKI BULAN KITAB SUCI NASIONAL "ALLAH SUMBER KEADILAN"

Selasa, 30 Juli 2024

Aku Berhak Melindungi Diriku (Program Psikoedukasi Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini)

 


Pendidikan seksual merupakan suatu keterampilan dan pengetahuan yang perlu diberikan sedini mungkin kepada anak mengenai perilaku seksual untuk menghadapi hal-hal yang akan terjadi di masa depan seiring bertambahnya usia serta membentuk karakter dan pola perilaku agar mampu terhindar dari perilaku-perilaku yang beresiko terhadap pelecehan seksual maupun perilaku seksual menyimpang.

Kekerasan seksual belakangan ini nampak makin kerap terjadi di tengah masyarakat kita, berbagai rentang usia pun menjadi korban dari kejahatan seksual ini, tidak terkecuali anak-anak.



Senin, 29 Juli 2024, SD Marsudirini melaksanakan program psikoedukasi pendidikan seksual untuk anak usia dini dengan judul "Aku Berhak Melindungi Diriku" bekerja sama dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak Anugerah Semarang. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SD Marsudirini yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 4-6 .

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak mengenai area tubuh yang harus dijaga dari sentuhan orang lain. Kegiatan tersebut dilakukan dengan metode yang sangat disukai oleh anak, yaitu bernyanyi. Selain memperoleh pengetahuan baru, diharapkan metode ini dapat memberikan kesan yang baik terhadap anak. Terdapat berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama program psikoedukasi ini.

Pendidikan seksual sangat penting bagi anak karena hal tersebut merupakan proses pengajaran dan pembelajaran yang difokuskan pada pengajaran dan pembelajaran berbasis kurikulum tentang aspek kognitif, emosional, fisik dan sosial seksualitas. Tujuan pendidikan seksual untuk membekali dan menyadarkan anak pentingnya menjaga kesehatan, kesejahteraan dan martabat mereka dengan cara penanaman perlindungan diri dalam mengembangkan hubungan sosial dan seksual yang baik.

Di era digital yang serba teknologi canggih seperti saat ini, anak dengan cepat dan bebas dapat mengakses media diberbagai aplikasi tanpa bimbingan orang tua atau pun pendidik yang tanpa kita sadari dan ketahui mayoritas aplikasi tersebut terdapat iklan-iklan yang belum cukup umur yang dapat anak lihat setiap membuka aplikasi. Oleh karena itu penting pendidikan seks untuk anak mengenai pengetahuan dan pembelajaran diberikan sedini mungkin.

Edukasi mengenai pendidikan seks pada anak ini akan sangat dibutuhkan bagi setiap orangtua, pendidik maupun ahli kependidikan dalam memberikan parenting kepada anak mengingat zaman akan selalu berkembang di era digital seperti saat ini. Hal tersebut juga dapat memberikan manfaat dalam persiapan dimasa pubertas anak.

 


Tidak ada komentar: